Wednesday, April 12, 2017

Mobile Computing

Definisi Mobile Computing

Mobile Computing adalah kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan / pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis. 
Terdapat beberapa pengertian tentang Mobile Computing, yaitu :

1. Mobile Computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi, walaupun user melakukan perpindahan.

2. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel.

3. Merupakan sekumpulan peralatan (hardware), data, dan perangkat lunak aplikasi yang bermobilisasi/berpindah lokasi.

4. Merupakan kelas tertentu dari sistem terdistribusi dimana beberaoa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistribusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda

5. Tidak sama dengan wireless computing

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan jika mobile computing merupakan bukti nyata dari sebuah kemajuan yang mengikuti perkembangan jaman dengan sifat dari user yang dinamis dan berpindah tempat serta membutuhkan komunikasi yang cepat.

Pergerakan Dari User 

  • Perpindahan posisi geografis
  • Perpindahan jaringan komunikasi
  • Perpindahan peralatan komunikasi
  • Perpindahan antara aplikas

Pergerakan dari Device

  • Perpindahan posisi geografis
  • Perpindahan Jaringan Komunkasi  
 


Sejarah  & Perkembangan Mobile Computing

Perkembangan mobile computer hingga kini sangat luar biasa. Hal ini tidak lepas dari perkembangan-perkembangan mobile computer dari waktu ke waktu. Berikut sejarah dari perkembangan mobile computer :

1. Dynabook ( 1968)



Alan Kay mengembangkan sebuah komputer portabel yang nantinya menawarkan sebuah media elektronik yang modern yang diperuntukan untuk anak-anak. Graphical control interace dengan icon pada komputer ini merupakan cikal bakal dari sistem operasi yang ada saat ini.

2. Grid Compass 1100 (1982)



Teknologi ini dirancang dan dikembangkan oleh gird sangat terdepan. Covernya dapat dilipat dan terintegrasi sebuah flatscreen serta casing dari magensium yang ultralight. Namun ini diteruskan dan dikembangkan oleh Bil Moggridge ini terlalu mahal dengan harga mencapai dengan US$ 10.000 dan hanya kalangan militer AS dan NASA saja yang mampu untuk membelinya.

3.  Osborne 1 (1981)



IBM 1311 diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962, hardisk ini bisa menyimpan sampai 2 juta karakter pada diskpack yang dapat di ganti (1316). Ketebalan hardisk ini mencapai 4 inchi dan berat 4.5 kg serta memiliki 6 disk yang berukuran 14 inchi dan permukaan yang dapat ditulis.

4. Compaq Portable 



Laptop pertama yang kompetibel dengan IBM ini ditawarkan oleh Compaq. Berat dan tanpa baterai lantaran masih menggunakan system opeasi MS DOS dan Laptop ini tidak populer.

5. Gavilan SC (1984)



Touchpad pertama ini ditawarkan oleh laptop Gavilan dan berada di atas keyword. Model komputer ini sudah dilipas dan menyediakan layar LCD serta processor intel 80168 yang kompetibel dengan harga MS DOS.

6. Bondwell 2 (1985)




Walaupun era CP/M yang sudah lewat tetapi kehadiran ini tetap sukses dengan RAM sebesar 64kb floppy drive 3.5 inci dan layar LCD, laptop ini menjadi jawara di eranya

7. COMPAQ SLT 286 (1988)




Laptop pertama yang sudah dilengkapi batrai hardsik dan LCD. Layarnya menawarkan resoluasi VGA penuh. Notebook ini ditujukan untuk kalangan bisnis. Tidak heran harganya mencapai harga mobil pada saat itu. 

8. Sharp Multicolor 386 PC 8041 (1990)

Dengan Spec :

- Processor Intel 80368
- Frekuensi clock 20 MHz
- RAM 2MB
- Harddrive 40 MB
- Harga US$ 23.00

9. USB Interface (1997)

Setelah pengenalan port interface USB hampir semua perangkat terhubung dengan notebook, computer portable mendadak menjadi universal.

10. WLAN Untuk Semua (1999)

Berkat penggunaan WLAN, notebook kini tidak lagi statis hotspot menghubungkan perangkat ini ke internet dan jaringan kantor serta dapat akses dimana saja.


Jenis Mobile Computing

1. Laptop
Laptop merupakan komputer portable, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang terintegrasi pada sebuah casing. Berat laptop berkisar 1 sampai 5 kg tergantung ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan untuk menyalakan laptop itu sendiri. Laptop kegunaannya sama dengan komputer desktop, yang membedakannya hanya ukuran sehingga memudahkan pemakai untuk membawanya kemana-mana.

2. Wearable Computer
Wearable Computer atau komputer yang dipakaikan di tubuh manusia. Contohnya adalah Computer Gletser Ridgeline W200. W200 ini terbuat dari paduan magnesium bertulang yang memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan berat keseluruhan. Pada hanya 10,2 ons dan dibentuk pada kontur lengan, W200 yang mengkombinasikan fitur yang sama dari sebuah komputer standar dengan sebuah perangkat yang memberikan kenyamanan dan ergonomis pergelangan tangan instrumen aus. W200 ini memiliki sebuah 3.5 “layar warna dengan layar sentuh, keyboard backlit dan baterai hot swappable. Fungsi nirkabel dari W200 memastikan konektivitas berkelanjutan terlepas dari lokasi pengguna dengan plug and play Wi-Fi, Bluetooth dan modul GPS. Menggunakan CE Windows atau sistem operasi Linux, unit cepat dapat dikonfigurasi untuk mengakses sistem host remote melalui kabel terintegrasi atau antarmuka nirkabel. Operasi bebas dari tangan-W200 yang mengatasi keterbatasan fisik yang terkait dengan komputer genggam normal. Hal ini memungkinkan pengguna kebebasan penuh untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari dengan menggunakan kedua tangan sedangkan komputer memiliki akses penuh pada setiap saat. Selain kompas elektronik, sistem juga mengintegrasikan fitur terbaru dan paling inovatif, seperti tilt dan perhitungan diam, yang memungkinkan penghematan baterai kritis ketika unit tidak digunakan. Kegunaan tangan-bebas dari W200 membuatnya kepentingan khusus untuk Layanan Darurat, Keamanan, Pertahanan, Gudang, Lapangan Logistik dan setiap wilayah di mana akses ke sejumlah besar informasi yang diperlukan. W200 punggung bukit itu bergabung baris gletser saat komputer kasar dikembangkan untuk pengumpulan data. 

3. PDA (Personal Digital Assistant)
PDA(Personal Digital Assistants) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana.  Menurut  sepengetahuan saya PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain dari itu dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh

4. Smartphone
SmartPhone adalah ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC (komputer). Umumnya suatu ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima email, menjelajah internet dan membaca e-book, built in full keyboard atau external USB keyboard, atau memiliki konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone adalah miniatur komputer dengan kemampuan ponsel.

Kekurangan dan Kelebihan

Dengan menggunakan mobile computing kita mendapatkan banyak sekali kelebihan, diantaranya :

1. Mobilitas

Kita tidak perlu lagi terikat dengan suatu tempat. Kita tetap dapat melakukan pekerjaan dikendaraan seperti mobil dan kereta api. Dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan keadaan apa saja dan di mana saja. 

2. Keefektifan

Dengan menggunakan mobile computing, lebih banyak pekerjaan dapat diselesaikan karena   fleksibilitas dalam hal tempat bekerja.

Selain dari manfaat-manfaat yang dimiliki oleh mobile computing, mobile computing juga memiliki kekurang, diantaranya :

1. Rendahnya jaringan bandwith

Pengguna mobile dapat terhubung ke jaringan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless Local Area Network (LAN), nirkabel selular, satelit, dll Setiap jaringan nirkabel menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun, bandwidth nirkabel ini terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga 155Mbps.

2. Biaya Komunikasi Asimetrik

Kapasitas bandwidth yang berbeda antara hilir komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan sebuah lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan, ada dua situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya adalah karena kemampuan perangkat fisik. Misalnya, server memiliki pemancar siaran kuat, sedangkan klien mobile memiliki kemampuan transmisi kecil. Yang lain adalah karena pola aliran informasi dalam aplikasi. Misalnya, dalam situasi dimana jumlah server jauh lebih sedikit daripada jumlah klien, itu adalah asimetris karena ada tidak kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan simultan dari beberapa klien.

3. Koneksi yang lemah

pengguna Mobile sering terputus dari jaringan. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot, dan penghematan daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif membutuhkan seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi standby atau mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena jarak yang jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak.

4. Konsumsi tenaga

Mobile computing sangat bergantung pada daya tahan baterai.


Tools untuk Mobile Computing

- GPS (Global Positioning System)
- Wireless Access
- GIS (Location)

Hardware dan Software

Dengan dukungan Mobile Computing, seseorang di mana pun berada tetap dapat bekerja dan melakukan aktifitas bisnis dengan konsep Mobile Computing

- Mobile / Migrasi
- Security
- Authentication
- Privacy

Hardware Computing

- Laptop (Computing Unit)
- LCD (Display Unit)
- Wireless (Communication Unit)

Software Computing

- Operating System
- GUI
- Application, Cell Phone Application, Calendar dll
- Java ME, Popular untuk game

Mobile Operating System

- Java Mobile
- Symbian for Nokia
- Android berbasis Linux
- IPhone Mac OSx
- Palm OS (PDA)
- Blackberry Systme
- dll





Sumber :

1. http://worldnews-online-worldpedia.blogspot.co.id/2015/04/normal-0-false-false-false-in-ja-x-none.html
2. https://jalaludinweb.wordpress.com/2016/02/09/mata-kuliah-mobile-computing/
3. http://ariwiyanto83.blogspot.co.id/




 

 

  
  
Share:

0 comments:

Post a Comment